Profil Desa

Secara geografis desa ini terletak pada ketinggian 800 – 1100 m di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 28 C. Pada tahun 2008, Desa Pengotan yang memiliki 13 dusun dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Pengotan dan Landih. Setelah dimekarkan, Desa Pengotan terdiri dari delapan banjar/dusun yaitu

  1. Tiying desa
  2. Dajan Desa
  3. Delod Desa
  4. Sunting
  5. Yoh
  6. Penyebeh
  7. Besenga
  8. Padpadan  

             Luas masing-masing dusun ini hampir sama, berkisar antara 1.21 – 1.24 km2. Tempat tinggal penduduknya menyebar, kecuali di Dusun Padpadan. Bentang wilayah desa ini 9.79 km2 atau 979 ha.

Sebagian besar wilayah desa ini (670 ha atau 78.8%) dimanfaatkan untuk lahan pertanian, 167 ha (hampir 20%) untuk perkebunan rakyat, 11.95 ha (1.4%) untuk fasilitas umum, dan 16.36 ha (1.9%) untuk pemukiman warga.

Batas-batas desa ini di sebelah Utara dengan Kecamatan Kintamani (Binyan, Kedisan, Sekardadi), di sebelah Selatan dengan Desa Landih, Kayubihi, Kayuambua, di sebelah Barat dengan Kecamatan Susut (Pukuh, Linjong, Malet), dan di sebelah Timur dengan Desa Landih. Jarak dari Desa Pengotan ke pusat kota Kecamatan/Kabupaten Bangli sekitar 17 km, ditempuh dalam waktu sekitar 25 menit dengan kendaraan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s